silahkan latihan bisnis

SentraClix DbClix

Pages

Senin, 31 Januari 2011

Tarian Rakyat

TARIAN RAKYAT

Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru.

Seorang ahli sejarah dan musik Jerman bernama C.Sachs telah memberikan definisi seni tari sebagai gerakan yang berirama. Seni tari adalah pengucapan jiwa manusia melalui gerak-gerik berirama yang indah. Dalam kebudayaan melayu terdapat berbagai-bagai jenis tarian. Ada tarian asli ataupun tarian yang telah dipengaruhi oleh unsur-unsur modern.

Tari adalah gerak yang ritmis. Definisi yang singkat itu dikemukakan oleh Curt Sachs, seorang ahli sejarah dan musik dari Jerman dalam bukunya Word history of the dance.

Menurut Corrie Hartong, seorang dari Belanda dalam bukunya yang berjudul Danskunst, mengemukakan bahwa tari adalah gerak-gerak yang diberi bentuk dan ritmis dari badan di dalam ruang.

Dalam buku Dance Komposition yang ditulis oleh La Men dikatakan bahwa tari adalah ekspresi subjektif yang diberi bentuk objektif.

B.P.A. Soerjodiningrat, seorang ahli tari Jawa dalam Babad Lan Mekaring Djoged Jawi mengatakan bahwa tari adalah gerak-gerak dari seluruh anggota tubuh atau badan yang selaras dengan bunyi music (gamelan), diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan didalam tari.

Dalam buku Djawa dan Bali: Dua pusat Perkembangan Drama Tari Tradisionil di Indonesia, Soedarsono mengemukakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan gerak-gerak ritmis yang indah.

Dari definisi-definisi di atas dapt disimpulkan bahwa tari adalah bentuk gerak yang indah, lahir dari tubuh yang bergerak, berirama dan berjiwa sesuai dengan maksud dan tujuan tari. Dari beberapa rumusan itu, bila dianalisis akan ditemukan beberapa aspek dari pengertian tari yaitu: bentuk, gerak, tubuh, irama, jiwa, maksud dan tujuan tari.

Tari memiliki fungsi-fungsi tertentu dalam kehidupan manusia, diantaranya adalah tari sebagai hiburan, seni pertunjukan, media pendidikan. Tari juga memiliki tujuan-tujuan tertentu, adapun tujuan-tujuannya dapat digolongkan menjadi lima, yaitu tarian rakyat, tarian social, tarian etnis, tarian spektakuler, dan tari sebagai ekspresi seni. Dalam pembahasan ini yang menjadi objek penelitian adalah tarian rakyat.

Tarian rakyat maksudnya adalah tari yang hidup, tumbuh dan berkembang di kalangan rakyat kebanyakan. Pada zaman feodal perkembangan tari terjadi pada dua lingkungan, yaitu lingkungan istana dan lingkungan rakyat. Kedua lingkungan itu, masing-masing mempunyai bentuk dan corak yang khas, selaras dengan struktur social kehidupannya.

Menurut lingkungan istana sebagai kaum yang memiliki kekuasaan sering mengalami mengklaim bahwa tari istana memiliki bobot nilai artistik lebih tinggi dari rakyat.

Sementara itu, pada dasarnya bentuk dan tujuan tarian rakyat mencerminkan berbagai kepentingan yang ada pada lingkungannya, seperti pada saat usai panen padi, tari tayub sebagai symbol kesuburan selalu hadir dalam pesta syukuran kepada dewi padi.

Ciri-ciri tarian rakyat antara lain adalah bentuknya yang tradisional merupakan ekspresi kerakyatan, biasanya pengembangan dari tarian primitif bersifat komunal (kebersamaan), geraknya serta pola lantai masih sederhana dan sering diulang-ulang. Contohnya, tari kuda kepang atau jathilan, rodat (Jawa Tengah), topeng babakan, angklung, sintren, ronggeng (Jawa Barat).

0 komentar:

Posting Komentar